Aktivitas

  • Anton menjadi anggota terdaftar 3 minggu lalu

  • Yusuf Reza dan Gambar riwayat KhasanahABKhasanahAB sekarang adalah kawan 1 bulan lalu

  • Bima Bagus Pambudhi dan Gambar riwayat KhasanahABKhasanahAB sekarang adalah kawan 1 bulan lalu

  • Bima Bagus Pambudhi dan Gambar riwayat AgusAgus sekarang adalah kawan 1 bulan lalu

  • Bima Bagus Pambudhi menjadi anggota terdaftar 1 bulan lalu

  • Agus mengirim sebuah pembaruan 2 bulan, 2 minggu lalu

    Assalamu alaikum, wr wb. Pada teman2 mohon bantuannya,..
    Istri saya sebagai bendahara dari para orang tua murid, ada salah satu orang tua pinjam uang bendahara, dan ada 2 orang tua yang tau hal ini, atas izin salah satu orang tua yang dituakan, bendahara memberikan pinjaman tersebut, selang beberapa jam yang pinjam tadi memberikan beberapa makanan…[Baca selengkapnya]

    • Waalaikum salam…
      Bukan suap. Bisa disebut suap jika makanan tersebut diberikan dengan tujuan agar pemberi makanan diberi pinjaman. Jika pemberi makanan tersebut sudah jelas diberi pinjaman baik tanpa memberi makanan ataupun memberi makanan, maka status memberi makanan itu tidak ada hubungannya dengan suap.
      Kecuali kalau bendahara tidak mau…[Baca selengkapnya]

    • Oh ya sebagai catatan, jika uang yang ada di bendahara adalah uang para orang tua, yang menjadi pokok masalah adalah apakah semua orang tua pemilik uang menyetujui uangnya dipinjamkan atau tidak, di situ harus ada kejelasan. Karena kalau tidak bisa bermasalah.

  • Wildan menjadi anggota terdaftar 2 bulan, 3 minggu lalu

  • Agus mengirim sebuah pembaruan 3 bulan, 2 minggu lalu

    Mohon pencerahan nya mengenai gibah, kadang saya suka ragu ketika berbicara orang lain, apakah ini gibah apa bukan???
    Kalau bisa kasih contoh yang sederhana, makasih

    • Ghibah itu tidak skedar membicarakan orang lain bisa disebut ghibah… yang dinggap ghibah itu membicarakan aib dan keburukan orang lain.
      Ada pengecualian dimana ghibah diperbolehkan, yaitu jika orang lain tersebut adalah orang yang dzalim dan kita didzaliminya, kita bisa menceritakan kezaliman orang itu.

      • Maaf, saya kasih contoh ” iih si fulan males untuk cari kerjaan, hidup nya tergantung sama istri yg punya penghasilan ”
        Apakah omongan tersebut termasuk gibah?

        • iya betul itu ghibah…
          tolak ukurnya, pembicaraan seperti itu jika didengar oleh orang yg sedang dibicarakan dia merasa kesal/tidak ridho maka itu termasuk ghibah.

  • Azzahro menjadi anggota terdaftar 3 bulan, 3 minggu lalu

  • Agus mengirim sebuah pembaruan 3 bulan, 4 minggu lalu

    Diterusin di sini aja mas, abis semakin banyak reply semakin kecil layar editornya…

    Kalau temen2 disini yang berasal dari suni khususnya NU pernah yang nama tahlilan atau sukuran2 lainnya, …

    Pertanyaan apakah di syiah ada kirim2 Fatihah?

    Kalau ada undangan saya usahakan untuk datang demi kebersamaan dengan tetangga, ketika ILA HADROTI…[Baca selengkapnya]

    • Kirim2 Fatihah itu jelas tidak masalah mas…
      Di Syiah sendiri sudah hal yang lumrah misalnya di suatu majelis kita mendoakan arwah orang2 yang sudah meninggal, atau bahkan para Imam Maksum dengan cara mengirimi mereka Alfatihah. Tidak cuma Alfatihah saja, misal kita membacakan surat dan ayat Quran lainnya dengan niat pahalanya dihadiahkan, misal…[Baca selengkapnya]

    • Iya nggak masalah… kita yang tahu kalau Yazid itu buruk jelas tidak mendoakan kebaikan untuk Yazid. Adapun orang lain yang tidak tahu tentang Yazid tapi ikut-ikutan saja mendoakan kebaikan untuk Yazid ya biarkan saja mereka karena memang tidak tahu, kita gak perlu pusing.

  • Delis menjadi anggota terdaftar 4 bulan lalu

    • Selamat datang saudara-saudari pecinta Ahlul Bait..
      Silahkan yang mau share-share apa aja di forum ini atau menyampaikan apa ajalah sambil santai barang kali kita bisa bertukar pikiran.

  • Agus mengirim sebuah pembaruan 4 bulan lalu

    Dulu,… Waktu kecil,.. pada pengajian pernah mendengar hadis bahwa kita dilarang bermusuhan lebih dari tiga hari…
    Ketika saya mengenal ahlul bait terutama yang berhubungan dengan sayidah Fatimah as tentang perampasan tanah fadak oleh khalifah pertama, hadis ini lumayan memukul…
    Sampai saat ini saya lebih percaya kepada sayidah Fatimah as…[Baca selengkapnya]

    • Ada Mas…
      Hadis dan riwayat mengenai peristiwa pemukulan pintu rumah Fathimah Azzahra as dan ribut-ribut masalah Imam Ali as dipaksa untuk membaiat khalifah pertama ada di Bukhari dan Muslim, begitu juga2 kitab2 hadis lainnya.
      Sekarang begini saja, Ahlu Sunah menganggap semua hadis yang ada di Bukhari dan Muslim itu sohih dan terpercaya, nah…[Baca selengkapnya]

      • Maksud saya kalimat ” TIDAK BOLEH BERMUSUHAN LEBIH DARI TIGA HARI ” apakah itu hadis apa ungkapan para sahabat aja, kalau itu hadis artinya bertolak belakang dengan kejadian sayidah Fatimah as waktu beliau tidak mau bicara lagi sama abu bakar sampai beliau meninggal setelah perampasan tanah padak, waktu meninggal juga beliau tidak mau dihadiri…[Baca selengkapnya]

    • Iya, hadis tidk boleh bermusuhan lebh dari 3 hari antara saudara Muslim itu dari Rasulullah saw sendiri, sumbernya Al Kafi jil 2 hal 345, Wasailus Syiah jil 8 hal. 585.

      • Menurut sumber yang pernah saya baca, hadis2 dalam kitab Al Kafi tidak semua shohih,… Mudah2an mas bisa mengungkap kedudukan hadis ini…

        Kalau lawan diskusi saya melontarkan hadis ini, apakah bisa dilawan dengan hadis bahwa ” kemarahan Fatimah adalah kemarahan Rosulallah kemarahan Rasulallah adalah kemarahan Allah, gimana menurut mas…

    • Iya saya tau, banyak yang mengkritik Fathimah dengan memojokkan beliau yang tidak mau berdamai dengan Abu Bakar dan Umar sampai lebih dari 3 hari.

      Eh, tapi jangan salah, kasus yang dialami Fathimah Azzahra as bukan kasus dua orang muslim bermusuhan, tapi ini kasusnya Fathimah sebagai putri nabi dizolimi karena 2 hal : pertama, suaminya dipaksa…[Baca selengkapnya]

      • Usul mas, kalau bisa di app ini ada ikon emotion, biar saya kasih tanda jempol…
        Terima kasih penjelasannya

        • Di jakarta aja kalau naik krl ada ibu hamil orang yg duduk harus brdiri ngasih tempat. Ini anak nabi janinnya keguguran karena dobrakan pintu Umar sakit batin dan fisik sampai meninggal apa masih disurug meminta maaf ke abu bakar dan umar dan berdamai apa abu bakar dan umarnya yang harusnya tahu diri apa yg hrs merka lakukan stlh sengaja atau…[Baca selengkapnya]

    • Jadi hadis tentang “orang yang bermusuhan dengan sesama saudaranya selama 3 hari keluar dari Islam” tidak perlu dipertanyakan dan kita tidak bisa mengkategorikan Fathimah as ke dalam apa yang dimaksud hadis itu.

      Karena yang dilakukan Fathimah adalah sikap seorang perempuan yang ditindas haknya lalu memilih untuk diam dan menjauhi orang yang…[Baca selengkapnya]

      • *andai

        • Teima kasih atas penjelasannya..

          Satu lagi mas, waktu saya mempelajari sejarah ahlul bait, emosi saya suka meledak2, karena ulah dua sahabat ini lah islam saya jadi seperti ini, kadang kata2 kasar dan kotor keluar pada 2 orang itu…

          Pertanyaanya, sebatas apa sih saya mengumbar kebencian sehingga tidak menabrak rambu2 etika dalam islam??

          • Tidak perlu keluar kata2 kotor dan kasar, apa lagi sampai pada tindakan.
            Suri tauladan kita kan para imam imam maksum, Imam Ali as dan Fathimah Azzahra as aja tidak pernah mengumpat terhadap mreka apa lagi melakukan kekerasan, begitu juga kit harus meniru mereka.

            Kalau toh ada orang Syiah yang sampai kasar berkata seperti itu terhadap sahabat,…[Baca selengkapnya]

          • Batasannya sih kalau kita berdoa kita bebas mau berdoa seperti apa aja toh Allah yang akan mengabulkan atau tidak doa kita itu. Misal kita benci kepada Abu Bakar Umar, kita berdoa, Ya Allah betapa kejam mereka, jika mereka memang demikian kejam Engkau maha adil berilah mereka balasan apa yang mereka lakukan…” Sebaliknya kita mendoakan para imam…[Baca selengkapnya]

  • Ibnu Abdillah menjadi anggota terdaftar 4 bulan lalu

  • Agus mengirim sebuah pembaruan 4 bulan lalu

    Pernah baca satu artikel yang tidak menjelaskan secara detail, bahwa lebih baik membaca satu shalawat dari pada seribu shalawat tanpa memaknainya…

    Pertanyaanya bagaimana cara memaknai shalawat ketika kita membacanya? Kalau memang pake akal apa yang dipikirkan? Kalau memang pake hati apa yang kita rasakan? Sehingga kita bisa mencapai maksud dari…[Baca selengkapnya]

    • Yang dimaksud di artikel itu pasti masalah pentingnya kualitas daripada kuantitas. Nggak cuma shalawat aja tapi apapun kalau jumlahnya banyak tapi tidak berkualitas pasti tidak berguna dibanding satu perbuatan yng dilakukan sebaik baiknya.
      Kalau menurut saya sih shalawat yang benar2 dihayati itu doa memohon kepada Allah untuk menyampaikan salam…[Baca selengkapnya]

      • Agus replied 4 bulan lalu

        Ohh, berarti harus dibarengi dengan hati yang didasari rasa cinta…
        Otomatis saya harus banyak mengenal kehidupan mereka supaya tumbuh rasa cinta…
        PR besar nih…

    • Kalau mau dipikirkan, kita bayangkan saja betapa banyak yang dikorbankan nabi untuk menghidayahi umat manusia. Mengucap sholawat tentunya barang kecil sekali yang hanya bisa kita lakukan sebagai bentuk terima kasih kepada beliau (berterima kasih dengan cara mendoakan).
      Kita anggap saja sholawat yang bermakna itu ungkapan terima kasih…[Baca selengkapnya]

      • Agus replied 4 bulan lalu

        Ok, terima kasih semuanya, pikiran dan hati saya Insya Alloh tidak akan nganggur lagi ketika mengucapkan shalawat

  • Agus mengirim sebuah pembaruan 4 bulan, 1 minggu lalu

    Ketika shalat sendiri di rumah terasa lebih nikmat dan merasakan ke khusuan dengan melaksanakan rukun dan sunah yang diajarkan ahlul bait, sementara di sisi lain ada anjuran bahwa seorang lelaki jika shalat wajib harus di mesjid, jika dilaksanakan di mesjid kenikmatan dan kekhusuan susah didapat karena shalat di belakang suni… , Di lingkungan…[Baca selengkapnya]

    • Memang betul seperti itu dilemanya jadi orang Syiah….
      Sebenarnya untuk menikmati shalat di rumah kan bisa shalat wajib dan shalat sunnah juga. Nggak papa shalat di rumah, tapi juga kalau bisa diluangkan entah beberapa kali seminggu (misalnya) shalat di masjid juga secara bertakiyah dengan niatan menjalin silaturrahmi dengan masyarakat karena…[Baca selengkapnya]

  • KhasanahAB mengirim sebuah pembaruan 4 bulan, 1 minggu lalu

    Pernah diriwayatkan dari Imam Ali as, bahwa beliau berkata, ‚ÄúSebelum kedatangan Al-Qaim (Imam Mahdi aj), akan ada kematian merah dan putih, begitu juga banyak belalang berwarna merah darah secara tidak wajar bersebaran di mana-mana. Adapun kematian merah adalah kematian karena pedang, sedang kematian putih adalah kematian karena wabah p…[Baca selengkapnya]

    • Mudah2an belalang muncul, dan mudah2an wabah nya adalah wabah corona yang mulai muncul di china

      • Kalau saya baca di artikel2 yang yang ada kata2 imam mahdi suka ada akhiran aj dan afs, apa singkatan dan artinya?

  • Murjianto mengirim sebuah pembaruan 4 bulan, 1 minggu lalu

    assalamu alaykum wr wb
    saya mau tanya apa hukumnya kalau sholat bergerak seperti contohnya hape bunyi lalu saya mau matikan? terima kasih

    • Waalaikum salam. Bergerak dalam keadaan sholat kalau dalam kadar wajar yang sekiranya orang lain kalau lihat bapak bergerak seperti itu tidak mengira bapak tidak sedang sholat maka tidak apa-apa. Kecuali hape ada di meja yang jaraknya jauh bapak pas sholat harus jalan matiin hape lalu balik lagi sholat seperti itu batal sholatnya. Kalau misalnya…[Baca selengkapnya]

  • Murjianto menjadi anggota terdaftar 4 bulan, 1 minggu lalu

  • Agus mengirim sebuah pembaruan 4 bulan, 1 minggu lalu

    Maaf mau nanya tentang khumus, apakah orang yang belum punya rumah (status masih mengontrak rumah berikut tempat usaha) wajib dikenai khumus? Baik khumus penghasilan dalam setahun maupun khumus dari peralatan yang dipake untuk usaha, maaf kalau pertanyaanya salah tolong sambil dibetulin, maklum masih belajar…

    • Tolak ukur kewajiban khumus itu bukan punya rumah atau tidaknya, tapi punya harta lebih atau tidak setelah bekerja satu tahun. Meski tidak punya rumah tapi kalau punya harta yang di luar kebutuhan wajar, 20 persennya harus dibayarkan sebagai khumus.

      • Terima kasih atas penjelasannya

        Satu lagi mas, bagaimana hukum puasa hari senen yang biasa dilakukan dirumah kami, padahal puasa sunah itu kan hari kamis dan jumat?

    • Puasa sunah itu bisa dilakukan kapan saja mas, entah hari apa saja tidak ada masalah, asal bukan hari-hari yang diharamkan puasa seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, atau puasa sunahnya istri tanpa izin suaminya… Selain itu puasa sunah hari apa saja di dalam fikih Ahlul Bait sah sah saja.

  • Muat lagi