Dengan adanya negara Iran mengapa Imam Mahdi tidak juga muncil?

Kalian berkata bahwa alasan Imam ke-12 kalian bersembunyi di dalam goa adalah karena ketakutannya terhadap para pemerintah yang zalim. Dengan berdirinya pemerintahan Iran, seharusnya ketakutan itu tidak ada lagi. Namun mengapa ia tidak muncul jua?

Jawaban:

Dari mana anda mengatakan bahwa Imam Mahdi bersembunyi di dalam goa?

Jika yang anda maksud adalah ruangan bawah tanah (sardab), itu adalah tempat ibadah beliau. Yang mana di situlah Allah mengamankannya dari kejahatan-kejahatan makhluk-Nya.

Saat anda bertanya mengapa beliau tidak juga muncul sedangkan sudah ada sebuah pemerintahan seperti Iran, itu menandakan bahwa sebenarnya anda tidak mengetahui falsafah keghaiban beliau. Falsafah keghaibn Imam Zaman bukan hanya ketakutan saja, namun memang selama kondisi yang disyaratkan belum cukup, beliau tidak akan muncul.

Kondisi-kondisi yang disyaratkan tersebut secara global adalah:

  1. Kesiapan mental umat manusia: umat manusia harus telah siap dan haus untuk menerima ajaran maknawi dan spiritual.
  2. Peningkatan ilmu dan budaya: berdirinya pemerintahan Ilahi memerlukan kemajuan ilmu baik secara materi maupun spiritual.
  3. Kemajuan sarana komunikasi: diperlukan sarana komunikasi yang baik agar dapat digunakan sebagai alat penyampai aturan-aturan Islam ke seluruh dunia dengan waktu yang cepat.
  4. Terlatihnya sumber daya manusia: lebih penting dari itu semua, diperlukan sumber daya manusia yang dapat diandalkan.

Masalah Mahdawiyah adlaah salah satu dari masalah-masalah yang jelas dan diterima oleh semua umat Islam. Hadits-hadits mengenai masalah ini pun mencapai tingkat mutawatir. Dalam mazhab Salafi pun Mahdawiyah merupakan salah satu keyakinan Islam.